Dosen UNM Gelar Program Kemitraan Masyarakat

Program kemitraan masyarakat yang dilaksanakan di SMK Kartika XX-1 Makassar di Kelurahan Panaikang, Kecamatan Panakkukang, pada tanggal 17 September 2019 oleh 2 orang dosen Fakultas Teknik UNM, yaitu: (Dr. Ir. Hasanah, M.T & Dr. Ir. Muh Nasir Malik, M.T) bertujuan untuk melatih Guru-Guru SMK Kartika XX-1 Makassar merancang scenario dan Strategi Pembelajaran yang mengacu pada keterampilan abad 21. Perkembangan dunia abad 21 ditandai dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam segala segi kehidupan, termasuk dalam proses pembelajaran. Dunia kerja menuntut perubahan kompetensi, yakni mengacu pada kemampuan berpikir kritis, memecahkan masalah, dan berkolaborasi menjadi kompetensi penting dalam memasuki kehidupan abad 21. Sekolah dituntut mampu menyiapkan peserta didik memasuki abad 21.

Kegiatan yang dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi guru adalah:

  1. Melatih mitra dengan metode ceramah dan tanya jawab untuk memahami konsep pembelajaran abad 21, yakni: konsep 4c (Communication, Collaboration, Critical Thingking, Creativity and Inovation),
  2. Melatih mitra merancang scenario Pembelajaran abad 21,
  3. Melatih Mitra dengan metode latihan menyusun RPP berbasis keterampilan abad 21.

 

Secara umum tujuan kegiatan PKM Strategi Pembelajaran abad 21 Bagi Guru-Guru SMK Kartika XX-1 Makassar ini adalah untuk mengatasi hambatan-hambatan atau kesulitan guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran dengan konsep pembelajaran abad 21, yakni: konsep 4c (Communication, Collaboration, Critical Thingking, and Creativity and Inovation).

Realisasi penyelesaian masalah dilakukan dengan mengikuti metode pelaksanaan dalam program pengabdian ini. Metode ceramah dilakukan dengan memberi materi singkat tentang strategi pembelajaran abad 21 bagi Guru-guru SMK Kartika XX-1, dimana abad 21 ini ditandai dengan berlakunya Revolusi Industri 4.0. Era Distrupsi Teknologi Revolusi Industri 4.0, tantangan kualitas SDM yang dibutuhkan oleh pasar kerja. Kecakapan yang diperlukan di abad 21 juga dijelaskan dengan detail.